8 To Be Great


Menjadi sukses adalah mimpi bagi setiap orang. Sejarah mencatat beberapa nama besar yang terkenal akan kisah hidupnya seperti Bill Gates, Henry Ford, Oprah Winfrey dsb yang sukses dalam bidangnya masing-masing selalu menarik untuk disimak. Saya pun juga pernah bertanya-tanya tentang pola pikir/ kebiasaan apa yang dimiliki oleh orang-orang suskes yang menghantarkan mereka pada kesuksesannya. Namun tentu saja, saya tidak memiliki kesempatan yang memadai untuk bertemu dengan mereka yang berada di belahan bumi lain untuk bertanya atau sekedar sharing pikiran. Tetapi beruntungnya ada seseorang bernama Richard St. John yang tergerak untuk menemui 500 orang sukses dan mewawancarai mengenai tips suksesnya dan mendokumentasikannya dengan sangat rapi dalam sebuah buku. Dan buku itu kini sudah berada di tangan saya.


Dalam buku yang berjudul “8 To Be Great” karya Richard St. John disebutkan bahwa sifat pertama yang dimiliki oleh orang-orang sukses adalah mereka mencintai apa yang mereka kerjakan. Saya sepakat, dengan mencintai apa yang kita kerjakan, kita akan lebih menikmati pekerjaan kita, tidak ada beban dalam menjalankannya dan pun jika kita menemui kesulitan dalam menjalankannya, tentu kita akan dengan sepenuh hati untuk memperjuangkannya karena itulah yang kita cintai. “Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar” (Ridwan Kamil, 2015). Masalah besarnya adalah bagaimana kita menemukan passion kita? Hal itulah juga yang terjadi pada saya. Saya masih dalam proses mencari, mencari apa yang sebenarnya benar-benar menjadi passion saya. Yang saya akan menghabiskan sisa hidup saya menggeluti bidang tersebut, tanpa bosan, tanpa mudah mengeluh jika menemui kesulitan, yang selalu penasaran untuk mencari tau lebih dalam dan lebih jauh lagi tentang bidang itu, yang selalu ingin mencapai prestasi yang makin baik dan selalu ingin lebih baik dari hari ke harinya di bidang itu. Mungkin saat ini memang bidang electrical yang sesuai jurusan saya, tetapi saya tidak membatasi diri saya di bidang itu. Saat ini saya masih ingin belajar banyak ilmu lainnya, karena saya merasa bahwa pengalaman saya masih sangat kurang dan masih banyak hal yang belum saya ketahui. Saya masih menelusuri banyak jalan untuk kemudian berharap menemukan satu yang tepat dan jatuh pada panggilan itu. Hidup dengan passion, berkarya, dan menjalankannya dengan hati, bukan uang semata. Karena ketika kebutuhan hati kita tercukupi, kebutuhan finansial lainnya akan mengikuti tercukupi.

Point kedua adalah kerja. Orang-orang sukses bekerja dengan keras. Dalam melakukan pekerjaan itu, mereka tidak pernah merasa terbebani. Mereka bekerja dengan sangat keras dengan penuh kenikmatan. Mereka bukan workaholic (pecandu kerja), yang membanting tulang dengan wajah-wajah masam, dan sangat kecanduan akan pekerjaan mereka sehingga kesehatan&kehidupan mereka amburadul. Mereka adalah workafrolik (penggemar kerja), mereka memang bekerja keras, tetapi senyum tidak pernah terlepas dari wajah mereka karena mereka sungguh-sungguh menikmati pekerjaan mereka. Saya setuju bahwa kerja keras tidak akan mengkhianati. Ketika semua daya dan upaya telah diusahakan dengan maksimal dan sepenuh hati, dengan kerja keras, tentu hasil yang didapatkan pun akan maksimal. Tentu akan selalu ada harga yang harus dibayar dalam proses ini, perjuangan&pengorbanan. “bukankah nikmatnya hidup diperoleh setelah letihnya dalam bekerja keras?”

Selanjutnya adalah fokus. Salah satu dari “8 To Be Great” adalah bagaimana kita berkomitmen pada diri kita sendiri dan memfokuskan diri pada satu hal. “Aku percaya jika kita melakukan satu hal dengan baik, hasilnya tidak hanya memuaskan, namun juga memberi kepercayaan diri” (Norman Jewison). Fokus menjadi sangat penting karena banyak orang yang terlalu sibuk akan banyak hal tetapi tidak fokus dalam satu hal dan hal ini hanya akan membuang-buang waktunya saja. Menjadi seorang yang tahu akan banyak hal itu baik tetapi jika ingin memiliki prestasi yang menonjol dan menghasilkan karya yang melegenda yang bermanfaat bahkan jauh setelah kita tidak ada di dunia ini lebih baik temukan satu bidang dan fokus pada bidang itu.

Tidak kalah pentingnya dalam “8 To Be Great” adalah motivasi. Kita harus memiliki energi dari dalam yang selalu dapat membangkitkan semangat kita yakni motivasi diri sendiri. Banyak hal yang dapat dijadikan motivasi. Bisa dari tujuan hidup kita, tantangan yang dberikan kepada diri kita, tenggat waktu yang diberikan, membahagiakan&membanggakan orang-orang terkasih, kompetisi yang sehat dan adanya tor-mentor (penyiksa) dan mentor (nasihat). Beberapa orang menjadi lebih termotivasi untuk berprestasi ketika ada orang yang meremehkan dirinya dan beberapa lainnya menjadi lebih termotivasi setelah mendapat nasihat dari mentornya. Saat kita sudah merasa nyaman dalam suatu keadaan, kita cenderung menjadi malas untuk meningkatkan kualitas diri kita. Padahal pada saat yang sama, orang lain berlomba memperbaiki diri dan diri kita justru menurun. Untuk itu perlu adanya kontrol diri ketika kita sudah terlalu nyaman dengan suatu keadaan maka kita perlu keluar dari zona nyaman itu, terus berbenah, menciptakan zona nyaman yang baru yang lebih tinggi derajatnya dan begitu seterusnya.

Poin kelima adalah ide. Orang-orang sukses selalu hadir dengan ide-ide yang menakjubkan. Jika kita dapat menghasilkan ide yang dari hari ke hari makin baik, kita memiliki energi untuk melangkah lebih jauh dalam kehidupan ini. Untuk memperoleh ide, punyailah masalah. Ide besar datang dari permasalahan sehari-hari. Dengan bersikap lebih peka terhadap lingkungan sekitar akan dapat menghasilkan ide baru. Ide itu dapat menjadi solusi dari berbagai permasalahan di sekitar kita yang kita lihat menggunakan mata, yang kita dengar melalui telinga, yang kita rasakan dengan kepekaan kita. Ide tidak harus selalu dimulai dari nol, kita dapat melihat dari ide orang lain sebelumnya, saling sharing kemudian kita sempurnakan. Ide yang kita ciptakan bisa kita peroleh dari pengalaman dan pembelajaran dari kegagalan dan kesalahan masa lalu. Dan toh belajar dari pengalaman itu tidak melulu harus dari pengalaman pribadi, kita juga dapat belajar dari pengalaman orang lain.

Poin keenam, pengembangan diri. Orang-orang sukses selalu memperbaiki diri mereka. Hari ini harus lebih baik dari kemarin dan esok harus lebih baik dari hari ini. Perbaikan berkelanjutan berarti melakukan tiga hal: 1. Menjadi BAIK di bidangmu. 2. Terus berusaha menjadi LEBIH BAIK. 3. Tujulah performa TERBAIKMU. Untuk menjadi terbaik juga dibutuhkan latihan yang kontinyu. Orang sukses juga mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kelemahannya. Kita harus pandai dalam memanfaatkan potensi dan kelebihan yang kita miliki dan meredam kelemahan dan mengalih-dayakan kelemahan-kelemahan kita menjadi sesuatu yang menguntungkan kita.

Poin ketujuh, melayani. Menjadi sukses tidak hanya tentang diri sendiri, tetapi juga tentang melayani orang lain. Melayani disini adalah berpikir tentang orang lain, bekerja untuk mereka, dan menghasilkan sesuatu yang mereka inginkan, butuhkan atau hargai.


Dan poin terakhir, tekun. Ketekunan berarti kemampuan untuk terus berjuang baik dalam kegagalan, rasa sakit, penolakan, kritikan, kejelekan, omong kosong dan semua hal buruk lainnya. Tekun adalah salah satu poin yang mudah diucapkan tetapi sangat sulit diimplementasikan karena pada saat itu kita dihadapkan dengan berbagai situasi buruk. Kita dituntut untuk tekun memperjuangkan mimpi kita ditengah situasi yang sepertinya memaksa kita untuk menyerah. Tetapi itulah seninya. Kita tidak tahu seberapa dekat kita dengan titik sukses ketika kita memutuskan untuk menyerah. Menurut saya kedelapan sifat dalam “8 To Be Great” tidak berdiri sendiri-sendiri melainkan saling mendukung dan terikat satu dengan lainnya. Ketika kita sudah memiliki passion yang kuat, bekerja keras untuk itu, fokus dalam mengerjakannya, selalu termotivasi, penuh ide-ide dalam melayani orang lain, dan selalu mengembangkan diri dari hari ke harinya, maka ketekunan pun akan mengikuti dan kita akan menjadi tidak mudah menyerah dalam menghadapai situasi buruk seperti apapun. Karena kita sudah memiliki visi yang sangat ingin sekali kita wujudkan dengan penuh kesungguhan dan kecintaan.

*Tulisan ini merupakan ringkasan dari buku "8 To Be Great" karya Richard St. John
*Gambar diambil dari cover buku yang sama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Rekrutmen PT. Paragon Technology and Innovation

Isolator : Piringan Bergerigi di Jaringan Listrik

Lebih Tahu tentang Transformator: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kegunaan