Proses Rekrutmen PT. Paragon Technology and Innovation



Hello fellas!! Sudah bersyukur hari ini? hehe.. Saat ini saya ingin bercerita sedikit mengenai proses rekrutmen di salah satu perusahaan yang saya apply selama masa menjadi jobseeker ini yaitu di PT. Paragon Technology and Innovation atau PTI. Ada yang sudah kenal dengan perusahaan ini? Kalau dr nama perusahaanny biasany masih asing ya, tp kl produkny pasti sudah banyak yang tau deh. Produk dari PTI yang paling terkenal adalah Wardah Cosmetics, tapi bukan hanya itu saja. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai perusahaan ini bisa banget loh mampir ke site berikut.

Saya apply ke Paragon, seinget saya, sekitar tanggal 20an agustus 2015 secara online via situs karir.itb.ac.id. Saat itu kami hanya perlu mengupload CV dan cover letter dan beberapa dokumen pendukung yang ingin kita tunjukan. Saat itu dokumen pendukung yang saya upload adalah Scan ijazah dan transkrip. Alhamdulillah saya lolos seleksi administrasi dan tidak lama setelah itu saya mendapat panggilan via sms untuk mengikuti tes tahap pertama.

1. Tes Tahap I, Psikotes Awal (29 Agustus 2015)

Menurut saya tes tahap 1 ini mirip tes potensi akademik gt. Nanti ada beberapa pertanyaan pilihan ganda untuk menilai potensi akademik kita. tes meliputi kemampuan analisis, verbal, numerik dan logika. Jadi ada tes sinonim atau hubungan kata yang paling mendekati, tes hitungan, pola-pola dari gambar. dan ada tes pauli. Ituloh tes yang kayak koran terus kita disuruh ngitung angka-angka yang ada di kertas itu dari atas ke bawah. Saran saya sih untuk tahap ini usahakan istirahat yang cukup malamnya. dan paginya jangan lupa sarapan. kondisi fisik yang prima dan pikiran yang fresh akan sangat membantu saat mengerjakan tes ini. Saat tes pauli terutama, sebisa mungkin stabil, jangan terlalu tinggi di awal kemudian menurun kebelakangany, kalau bisa sih stabil, menaik malah lebih bagus. Asal kita tetep fokus dan semangat dan stabil emosinya, saya rasa tes tahap ini tidak begitu sulit. hehe

2. Tes Tahap II, Psikotes Lengkap (3 September 2015)

Sekitar 2-3 hari kemudian saya mendapat kabar bahwa saya lolos ke tahap selanjutnya yaitu psikotes lengkap. Tes ini seperti layaknya psikotes-psikotes pada umumnya masih seputar pola-pola kata dan gambar. Namun tes hari ini ada eliminasinya. Saya saat itu mengikuti tes untuk shift jam 8-9, kemudian shift berikutnya jam 9-10, setelah itu peserta ada waktu untuk menunggu hasil seleksi shift pagi. sekitar jam 11 hasil seleksi pagi keluar dan alhamdulillah saya lolos untuk mengikuti psikotes lengkap yang sesungguhnya. hehe.. Jam 11 psikotes lengkap dimulai, tesnya berupa tes gambar pohon, orang, wartegg tes dan ada sekitar 225 pertanyaan pilihan mengenai kepribadian kita, kita diminta memilih mana yang paling mendekati diri kita dari 2 buah pilihan yang ada. Bagian ini tidak ada resepnya sih, cukup menjadi diri sendiri saja dan apa adanya. Oh iya, percaya diri juga jangan lupa, ga ada kepribadian yang salah kok, setiap manusia terlahir unik, cuma masalahnya paragon mencari orang-orang yang memiliki kepribadian yang se-visi dan se-nilai dengan mereka. hehe

Berikutnya ada wawancara tulis (masih di hari yang sama). Pertanyaannya seinget saya ada yang tentang kegagalan dan keberhasilan terbesar kita, bagaimana kita menghadapi kegagalan itu, apa inovasi yg ingin kita berikan untuk paragon, kesan terhadap paragon, mengapa ingin bergabung dan mengapa memilih divisi tersebut, bersediakan bekerja di hari libur agama yang bukan agama kita, dan kita diminta menceritakan diri kita dalam 20 kalimat bebas yang dimulai dengan kata "aku" (mungkin untuk soal ini bisa dipersiapkan dahulu karena biasanya waktu kita banyak habis di no ini karena kehabisan ide apa lagi, hehe). Biasanya juga ada pertanyaan apakah kamu pribadi yang rajin dan berintegritas, dan kita diminta memberikan contoh realnya dalam kehidupan kita. hehe

Untuk tahap ini saran saya adalah be yourself, Tidak ada yang salah dengan kepribadian seseorang dan tiap orang itu unik. Hanya saja apakah kepribadian yang kita miliki adalah pribadi yang dibutuhkan dan dicari oleh paragon atau bukan, apakah sesuai dengan nilai-nilai dan visi yang diusung perusahaan selama ini? Untuk itu saya menyarankan juga mungkin bagi teman-teman yang sedang melamar ke paragon bisa terlebih dahulu mempelajari visi,misi dan nilai2 perusahaan kemudian transformasikan jawaban-jawaban yang akan teman-teman utarakan agar sesuai dengan nilai-nilai yang ada di perusahaan. hehe

3. Tes Tahap III, Wawancara Psikolog (15 September 2015)

Sekitar 1 minggu kemudian hasil psikotes lengkap keluar dan alhamdulillah saya masih lolos. Tes berikutnya adalah wawancara psikolog. Saat tes ini manner kita sudah mulai dilperhatikan karena kita sudah berhadapan dengan interviewer. Oiya pada tahap ini kami diminta membawa berkas lamaran, saat itu yang saya bawa adalah surat lamaran, legalisir ijazah dan transkrip, fotocopy KTP dan pas foto 4x6 1lembar. Awalnya saya tegang saat wawancara psikolog karena pasti beliau sudah lebih tau ttg diri saya dari hasil psikotes kemarin. Saya jadi kikuk dan merasa takut salah gerak, takut salting, salah tingkah. hehe.. Tapi ternyata wawancara psikolog ini sangat enjoy, saya malah merasa seperti sedang konsultasi gratis dengan psikolog. hehe.. Pada tahap ini sepertinya psikolog ingin meng-crosscheck diri kita apakah sesuai dengan hasil psikotes lengkap kemarin atau tidak. Jadi yang kmrn psikotesny agak dibuat-buat biasanya saat menjawab pertanyaan psikolog menjadi ragu, dan keliatan bedanya saat kita menjawab pertanyaan psikolog dan saat kemarin menjawab pertanyaan wwancara tulis. Jadi jgn dibuat-buat ya pas wawancara tertulis kmrn, natural aja. ehehe:p.. Mungkin nanti akan ada beberapa kelemahan kita yang disampaikan oleh psikolog, kalau tidak sesuai ya coba kita jelaskan ketidaksesuaian itu dengan sopan. Tapi kalau memeng sesuai, ya tidak usah defense/mengelak. Akui saja, toh manusia tidak ada yang sempurna juga. Hanya saja, kita yakinkan ke psikolog bahwa kekurangan itu dapat diperbaiki dan kita punya niat yang sungguh-sungguh untuk melakukannya. Psikolog juga akan melihat kesesuaian kepribadian kita dengan divisi yang kita pilih. Apakah diri kita akan mampu bertahan dan berkembang dengan beban kerja di divisi tersebut atau tidak. Jadi sebaiknya teman-teman juga pilih divisi yang paling "gue banget" gitu ya. hehe

4. Wawancara Akhir (17 Oktober 2015)

Saat wawancara psikolog, diberi tahu psikolognya bahwa hasilnya bisa keluar mulai besok sampe 1 bulan kedepan. Dalam hati saya, lama juga ya sampe 1 bulan, Waktu minggu ketiga dari wawancara psikolog masih belum ada kabar dan mulai bikin hopeless. Tapi kemudian di suatu sore di minggu itu ada sms masuk untuk panggilan ke tahap akhir yaitu wawancara direksi. Alhamdulillah:) Wawancara direksi dilakukan di hari Sabtu, 17 Oktober 2015 tepat di hari wisuda oktober ITB, dimana ada bberapa teman saya yang di wisuda dan saya tidak dpt menghadirinya:( Tapi ga papa, put the urgent and most important thing first. Saya dapat giliran interview jam 9 dan saya sampai di kantor pusat Paragon di Swadarma sekitar jam setengah 9 pagi. Kantor pusatnya homey bgt kyk ditengah-tengah perumahan gitu, bukan di gedung-gedung bertingkat cem di sudirman/kuningan. Begitu sampai, saya ga sempat santai berlama-lama karena giliran saya interview sudah tiba. Oiya, saat interview baik itu dengan direksi maupun psikolog jangan lupa diperhatikan mannerny ya seperti mengetuk pintu terlebih dahulu, masuk ketika sudah diizinkan, duduk ketika sudah dipersilakan dan saat berhadapan dengan interview jawab semua pertanyaanny dengan mantap, tegas, dan menatap mata si lawan bicara. Kalau bisa jawabnya jangan terbata-bata agar kita tidak terlihat nervous dan dibuat-buat jawabanny. Jika memang menurut kita pertanyaannya agak tricky dan membuat kita sulit untuk memjawabnya, lebih baik kita diam sejenak sambil menyusun kata-kata yang tepat, baru menjawabnya. Daripada kita langsung menjawab tetapi karena belum siap, kata-kata yang keluar malah tidak lancar dan terbata-bata. Fyi aja, saya waktu interview direksi yg nginterview itu ada 7 orang direksi!! 7 vs 1 meenn!! Tapi direksi bertujuh itu satu keluarga sih jadi pas interview berasa lagi rapat keluarga aja trus nambah gue dh 1. haha.. Nyantai kok alhamdulillah, ya walau ada sedikit kegugupan sih pastinya. Pertanyaannya msih seputar, tau apa ttg paragon, inovasi yg ingin dilakukan, kebayang ttg apa terkait pekerjaan di divisi yg dipilih. Jd usahakan divisi yg dipilih adalah divisi yg memang menjadi minat kita.

Di tahap ini lebih kepada mencari kecocokan-kecocokan aja antara kita, direksi (perusahaan) dan divisi yg kita pilih. Kl nnti ternyata diarahkan ke divisi pilihan 2 tapi kita masih minat ya ggp, itu brrti dr hasil psikotes dan rekomendasi dr psikolog kmrn memang lbh cocok ke divisi pilihan 2. Intinya sebelum masuk berdoa dl biar tenang, kl udh masuk let it flow aja.. Semuanya pasti berlalu kok, dan ga akan kerasa kl kita lg wawancara berhadapan dengan direksi. hehe. Untuk itu tunjukan bahwa kita memang bersemangat untuk bekerja dan bergabung dengan paragon dan jadilah diri sendiri. Oh iya penting juga meminta doa restu dari orang tua karena katanya doa orang tua ke anakny itu akan langsung didengar oleh Tuhan tanpa penghalang apapun. hehe

Dan alhamdulillah 2 hari berselang, saya mendapat kabar bahwa saya di terima di PT. Paragon Technologi & Innovation sebagai staf maintenance dengan base di pabrik Jatake, Tangerang. Dan saat ini saya baru saja selesai melaksanakan induction training yang sangaatt menyenangkan. hehe. Mulai senin besok saya akan memulai kehidupan baru saya di Pabrik Jatake, bukan di head office lagi (selama training dilakukan di HO). Semoga kehidupan baru di Jateka lebih menyenangkan dan semoga teman-teman yang sedang berjuang untuk masuk ke Paragon dimudahkan dan bisa bertemu di sini. hehe.. Good Luck!!



Komentar

  1. makasi banget infonya gan :)
    sukses terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang kalo gabisa ikut tes psikotes tahap pertama, gabisa susulan ya?

      Hapus
    2. Bang kalo gabisa ikut tes psikotes tahap pertama, gabisa susulan ya?

      Hapus
    3. Bang kalo gabisa ikut tes psikotes tahap pertama, gabisa susulan ya?

      Hapus
    4. Mohon maaf sebelumnya, saya besok hari selasa 13 aguatus 2019 dapat panggilan tes , suruh bawa pensil sama penghapus..tes nya apa aja ya

      Hapus
    5. Mas saya kemarin tes online sudah ke tahap kedua.. Dan menunggu tes berikutnya katany Tes buta warna.. Itu menunggu berapa lama ya mas?

      Hapus
  2. Mas dapet sms buat ikut tes psikotes lengkap jam brp?Saya lagi nunggu pengumumannya batasnya hari ini,he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,saya lupa euy jam berapanya. Kykny agak sore deh. Good luck yaa

      Hapus
    2. Oke.Mas masih kerja di Paragon?Boleh mnta tolong ditanyain ga kelanjutan tes yang jobfair Maranatha tgl 1 Juni kemarin gmn?thanks

      Hapus
  3. Mas, saya apply jd di wilayah tasik, udah dua kali saya ikut seleksi di PT PTI. yang pertama jd admin tp gagal setelah wawancara (tidak ada panggilan lg) nah baru2 ini saya ikut lg seleksi jd BA, sudah 2 minggu blm ada keputusan. Saya optimis karena tes nya tidak beda jauh dgn yg dulu. Kemungkinan masuknya besar ngga mas? Saya tanya teman saya katanya mereka jg blm dapat pengumuman. Mungkin saja blm d proses atau bagaimana ya? Mohon info nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya waktu pengumumannya sekitar 2-4 minggu. Jika belum ada kabar sampai tenggat waktu tersebut mungkin kamu belum lulus. Keep fight and pray!!

      Hapus
  4. Hari ini saya ikut tes tahap 1 semoga lacar aminnn..

    BalasHapus
  5. Kalo boleh tau gan jam kerja d paragon itu utk bg R&D bagaimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. R&D base Pabrik dengan jam kerja 6.55 - 16.00

      Hapus
  6. Hari ini zaya dapat panggilan dari paragon, semoga lancar amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mau nanya nihh aku udah tes psikotes waktu hari sabtu tapi sampai sekarang belum ada tanda" lulus apa tidak
      Kira kira brapa lama yaa pengumuman setelah tes psikotes
      Makasih kak

      Hapus
  7. Gajinya berapa ya mas ? Maklum lagi daftar, cuma kalau gajinya gak ngecover biaya hidup gak mau diterusin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, gajinya beda-beda tergantung divisi dan ditempatkan dimana nntinya. InshaAllah mmpu mengcover biaya hidup kok. Eh tapi tergantung gaya hidup masing-masing orang juga sih. Emangny biaya hidup kamu berapa sebulannya ?:P

      Hapus
  8. Ikut ninggalin jejak ya.. sukses selalu bro ! Semangat

    BalasHapus
  9. Mau tanya apa setiap pengumuman nya selalu lewat sms ? Saya Alhamdulilah sudah sampe tahap 2 tapi masih menunggu kabar selanjutnya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wawh, congrats!! Yess, lewat sms. Kl sdh sampai interview akhir by e-email/phone biasanya. Semangat lanjut tes berikutnya!

      Hapus
  10. Klo masuk situ minimal pendidikan apa mas? Hrus lulusan PTN? Dan apply nya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk MT minimal S1, PLDP bisa D3 atau S1, admin dan operasional minimal SMA/SMK. Untuk cara apply nya bisa dikirimkan ke email PTI atau lgsg dtg ke HO/DC/Pabrik pti. Alamatnya silakan googling. Aktif mencari tahu ya :)

      Hapus
    2. Pldp singkatan dari apa ya mas?

      Hapus
  11. Mantap sekali, tulisannya sangat bermanfaat.
    kebetulan besok baru mau tes tahap 1, wish me luck... thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, senang kalau tulisan saya bisa bermanfaat:) Terimakasih
      GoodLuck !!

      Hapus
  12. Mas, maksud inovasi yg diinginkan itu terkait produk pti kah atau harus sesuai dengan posisi yg kita inginkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun.. Tidak perlu membatasi imajinasimu untuk berinovasi :)

      Hapus
    2. Mas..utk jawaban inovasi yg diberikan ini...bermaksud pada kontribusi apa yg bs qt berikan kpd Paragon atw inovasi yg sdh pernah qt ciptakan sendiri pd suatu pekerjaan yg pernah qt kerjakan sebelumnya?msh blm pahan mksud pertanyaan ini

      Hapus
  13. mas, saya coba apply di situs resmi paragon, tapi selalu tidak bisa submit karena email selalu tidak valid, kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. email apa yang tidak valid?

      Hapus
    2. iya saya juga seperti itu trs. "The Email field must contain a unique value"
      itu knp ya mas? infonya..

      Hapus
    3. iya saya juga sama, kira-kira harus gimana ya? atau ada cara lain untuk mengajukan apply? makasi infonya

      Hapus
    4. Teman-teman, kalau tidak bisa via web, bisa kirimkan CV ke email pticareers@pti-cosmetics.com dengan subject PTI_POSISI_DOMISILI,

      Hapus
    5. sama, saya juga ga bisa, tulisanya The Email field must contain a unique value

      Hapus
    6. saya juga sama the email field must bla bla bla. jadi daya apply via email lampirkan CV aja. gak apa apa hanya CV ? mau sama scan an transkrip tapi terlanjur di apply mas. gmana ya ? mohon jawab

      Hapus
    7. sama juga nih senasib emailnya gak bisa, ada keterangaannya

      The Email field must contain a unique value

      Hapus
    8. sama, The Email field must contain a unique value

      Hapus
  14. saya udh tes awal tgl 24 agustus 2016 d dc tsm,katanya tunggu 2minggu klo lolos nnti d panggil lg.!!!udh 2minggu,tp blm d panggil lg....jngn".???hikhikhik

    BalasHapus
  15. mas, kalo yang masuk interview user apakah sudah fix bakal diterima ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum. Fix diterima ketika semua tahap sudah dilalui dan ada pengumuman resmi dari HCM atau usernya

      Hapus
  16. Sangat brmanfaat&membatu sekali tulisannya,9September2016 saya tes smoga bisa lolos & brgabung dg PTI amien...

    BalasHapus
  17. Saya tanggal 6 baru interview user mas, lagi harap harap cemas menunggu kabar, btw terimakasih buat tulisannya sangat membantu, mohon doanya mas semoga lolos 😀😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba mau tanya apa sudah ada kabar setelah interview user? saya juga interview user tgl 9 tapi blm ada kabar

      Hapus
  18. Halo mas Teguh, saya Chici. Saya mau tanya, kalau dinyatakan lolos menjadi pegawai PT PTI, lalu gimana mas? Tanda tangan kontrak? Berapa tahun ya mas kontraknya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Cici, km dftr di bagian apa memang? Setelah diterima ada yg namanya PKWT, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (spt kontrak begitu), waktunya berbeda-beda tiap program. Kl saya 2x6 bulan (MT)

      Hapus
  19. Wahh kebetulan nemu blog ini hehe, alhamdulillah tadi siang saya dapat sms undangan psikotest (sistem gugur). Sistem gugur itu tahap satu ya ka? Dan maksudnya sistem gugur itu gimana ka? Terimakasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sistem gugur = kalau kamu tidak lolos pada tahap itu, kamu tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya

      Hapus
  20. Iya sama saya disms juga pskotest tgl 20 september 2016,sistem gugur itu mksudnya gmna ya ?terimakasih

    BalasHapus
  21. Saya dapat sms juga untuk psikotes (sistem gugur) itu gimana ya?

    BalasHapus
  22. Sya sdh tes psikotes thap 1-3 ,tinggal tunggu tes interview tpi sdh 1 minggu lbh blm dpt sms jg��������
    Brarti dah gagal y mas??
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan ditunggu sampai 2 mgg, biasanya di akhir tes tim HCM memberi tau kapan hasilnya bisa keluar

      Hapus
  23. Mas kan saya waktu itu sudah sampe tahap user kemudian disuruh tunggu 2 minggu, terus pas 2 minggu belum dikabarin dan saya langsung mendaftar kembali dr jobfair. skrg ada panggilan untuk tahap awal lagi. berarti yang proses interview user kmrn sudah gagal ya mas?

    BalasHapus
  24. Wkt di tanya inovasi apa yg anda berikan untuk paragon, mas jawab apa?

    BalasHapus
  25. Waktu tes wartegg ada tiga gambar yg gak dikerjain karna waktunya cepet banget terus interview tertulis lupa cek di halaman belakang masih ada pertanyaan apa gak..tawakal n berdoa aja deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nicee!! Jangan lupakan Tuhan ya! Sip, Goodluck, semoga mendapat yang terbaik

      Hapus
  26. Aku udah 2 Kali test psikotest paragon tapi gagal mulu mas. Kenapa yah :((

    BalasHapus
  27. Mas saya udah interview user, pengumumannya waktu itu masnya disms pas jam kerja ?

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum, mas teguh. Perkenalkan saya Indah. Mau nanya nih, Paragon ini ga ada periode tertentu buka loker ya? Saya akhir bulan ini sidang, kira2 kalo daftarnya pake surat keterangan lulus bisa ga ya? Makasih mas.

    BalasHapus
  29. Walaikumsalam. Saya kurang tau euy kl utk periodenya. Utk yang belum sidang tapi sudah tugas akhir, bisa mendaftar dengan melampirkan SKL dan transkrip semester terakhir. Adik kelas saya ada yang baru lulus Oktober, tapi dari Bulan Maret sudah mendaftar kok.

    BalasHapus
  30. Mas, saya dpt sms undangan tes PTI di cikarang. Apakah memang ada kantor PTI di Cikarang Barat ya? Saya sudah googling, adanya Paragon Plastik. Apakah itu bagian dr PTI juga? Terima kasih sebelumnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa. Ada kantor cabang PTI untuk wilayah bekasi di daerah cikarang

      Hapus
  31. Mas sy pernah ikut tes cuma gagal ditahap ke 3 ga dipanggil buat intrview,:(:(
    Kira2 klu sy nglmar lagi boleh ga y
    Dan klu bag logistik itu kerjAnya ngapain y mas and penempatan dipabrik bukan
    Soalnya sy domisili jatake
    Tks

    BalasHapus
  32. tahapan tesny itu saja ya mas? trs saya dpt panggilan "tes tertulis" itu masuk tahap yg mana ya?trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl saya menjalani tes spt yg sy ceritakan di atas. Tes tertulis dimulai dari psikotes awal

      Hapus
  33. Mas mau nanya saya dapat panggilan untuk psikotes. Kalo di pti hari kerjanya Senin - Jumat atau Senin - Sabtu? Untuk salarynya buat s1 kisaran berapa ya.. makasih.. sukses terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senin-jumat, Jika diperlukan, sabtu-minggu bisa masuk untuk lembur

      Hapus
  34. Mas mau nanya saya dapat panggilan untuk psikotes. Kalo di pti hari kerjanya Senin - Jumat atau Senin - Sabtu? Untuk salarynya buat s1 kisaran berapa ya.. makasih.. sukses terus.

    BalasHapus
  35. Makasih ka tulisannya mrmbantu sekali.. Btw mau skalian curhat ni mas..aku tgl 22sep udh psikotest lengkap di GKU itb nah kata hrdnya tunggu 2-4minggu..tpi smpe skrg blum dapet kabar buat interview..apakah itu tndanya ga lolos trus di fp paragon blum ada kabar soal yg psikotest tgl 22sep ini

    BalasHapus
  36. Mas senin-jumat itu kerja jam brp-jam brp?

    BalasHapus
  37. Mas mw tanya dong itu paragon khan bru beli pabrik lgi yg bekas pt printer yg dijatake
    itu kira2 bakal ada loker ga y mas
    soalnya sy domisili jatake,tlong infonya dong mas
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah tetanggan ya di Jatake. Loker itu nnt akan dikelola oleh teman-teman HCM ya

      Hapus
    2. Iya ni mas aq pngn bgt bisa gabung dipti
      Aq dah tes psikotes lngkp tgl 16 sep tpi gada lanjutan and cba kirim email lg,kmrin tgl 16 des tes psikotes awal lg ,,lolos lg sampai thap akhir and lg nunggu panggilan selanjutnya

      Hapus
  38. yang tes pti bulan oktober 2016 ada yg udah dipanggil interview HR atau user? saya tes di ui tapi baru nyampe psikotes lengkap. mohon infonya kalau sudah ada yg lanjut interview hr/user, biar bisa lekas move on :) makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ikut psikotes lengkap di bandung tgl 28 sept, baru dapat jadwal untuk interview user tgl 7 november. Memang lama kayanya prosesnya, good luck for us ��

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  39. Salam Mas Teguh, saya kan udah apply cv kurang kebih senin minggu lalu. Sampai senin ini belum ada panggilan padahal aya tau nih besok ada test paragon di daerah domisili saya. Apa ini artinya saya ga lolos screening cv? Soalnyq d cv kmaren saya jujur tulis saat ini saya mash bekerja di corp lain. Mohon pencerahannya. Hehe. Terimakasih.

    BalasHapus
  40. Salam. Terimakasih byk info nya mas, tapi sy ingin nanya, saya terakhir tahap wawancara tertulis, tru skrg dpt sms untuk wawancara user. Ini maksudnya wawancara psikolognya nanti sekalian di jaksel kah apa bagaimana ya mas? Mohon info nya, untuk persiapan diri wawancara apa saja yg akan dilewati lagi hehe

    BalasHapus
  41. Masih bisa ga ya ngelamar di wardah senin depan?

    BalasHapus
  42. Masih bisa ga ya ngelamar di wardah senin depan?

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Assalamu'alaikum, mas Teguh saya mau tanya. Saya asli jatim, trus dapat panggilan tes interview di kota surabaya, apa mungkin tes dilakukan diluar jakarta? Trus waktu tes, hanya menggunakan pensil 2B tidak HD. Apa tidak masalah?

    BalasHapus
  45. Halo mas kalo boleh tau mas MT apa ya? Apakah inovasi itu terkait divisi apa yg kita masukin? Lalu yg ttg cerita diri sendiri itu mas mnceritakan ttg kepribadian atau keluarga atau apa mas? Mohon tipsnya mas mksih

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum mas ... Saya mau tanya ... Saya tes di pabrik ...wktu itu ngelamar buat operator produksi ... Seleksi tahun ini ...tes awal - psikotes lengkap - interview psikolog - nah pas interview psikolog saya diberi tahu klo saya akan dijadikan admin HO di wardah pusat ...saya dsruh ke pabrik nanti di sediakan kendaraan utk ksna ... N dsruh bawa pulpen biru , fc ktp n fc npwp ... Kira kira disana saya bakal dsruh wawancara akhir dgn direksi atau lsng training ya ... ?

    BalasHapus
  47. Mas teguh sya mau tanya,sya dpt panggilan psikotes tgl 8 des ke surakarta tp sya tingggal di padang..apa bs biasanya di schedule ulang jadwal nya itu mas..makasih teguh

    BalasHapus
  48. Mas..utk jawaban inovasi yg diberikan ini...bermaksud pada kontribusi apa yg bs qt berikan kpd Paragon atw inovasi yg sdh pernah qt ciptakan sendiri pd suatu pekerjaan yg pernah qt kerjakan sebelumnya?msh blm paham sm maksud prtanyaan ini

    BalasHapus
  49. Halo mas Assalamualaikum, dalam satu kali psikotes lengkap kemarin yang saya ikuti ada kurang lebih 100 orang. Nanti kira2 yg lolos ke tahap selanjutnya brp orang ya mas? Terima kasih :)

    BalasHapus
  50. Mas mau tanya, kalau jadi team BA, ada masa kontraknya ga? Terus kalau ada resign sebelum habis kontrak kena denda ga?

    BalasHapus
  51. MAKASIH BANGET buat agan info mngenai email hrd nya brguna bgt soalnya email saya jga ga bsa d masukkin k regis web

    BalasHapus
  52. Mas mw tanya ya hehe
    Kemarin 11 maret saya interview PT. Paragon tp sampe hari ini belum ada kabar, apa belum lolos ya?? Thank's :D

    BalasHapus
  53. Mas, klo kirim CV lewat email dan emndaftar untuk 2 posisi boleh?

    BalasHapus
  54. mas sya tgl 17 april tes di salah satu bkk.. ktanya setelah 2 minggu baru
    pengumuman. tp kok sampe sekarang hampir sebulan blum ada pengumuman ya..

    BalasHapus
  55. hallo nice info ka :) semoga saya bisa mengikuti jejaknya mas teguh ya amiin, saya juga dapat sms untuk psikotest lengkap (sistem gugur) maksudnya psikotest lengkap disini mungkin tahap dua ya ? karena saya udah hampir 5 kali apply di pti tapi belum ada yang lolos hehe

    BalasHapus
  56. Apply via web gak bisa gan. pasti ada notid "The Email field must contain a unique value"

    BalasHapus
  57. ini maksudnya gimana ya "The Email field must contain a unique value" ?? solusinya buat yg mau daftar dan keluar yg beginian mesti apa ??

    BalasHapus
  58. Soremm Mz thank bgt blognya very helpful. Sya mau tny, smisal dlu prnh dpt pnggiln paragon tp g bs dtg, dftr lg apakh mempwngaruhi? Terima masih sbelumnya

    BalasHapus
  59. Kak mau tanya kalau jadi team BA itu harus lulusan S1 atau bisa lulusan SMA/SMK?

    BalasHapus
  60. Kak tadi siang aku baru tes tahap 2 PT. Paragon, doakan semoga bisa diterima jadi MT juga ya kaya kakak:')

    BalasHapus
  61. Mas loh kok aku tes yang pertama malah soalnya kayak ujian nasional sm wawancara tertulis wkt tgl 12 juli lah tadi dapet sma kl tgl 18 agustus psikotes sistem gugur ?

    BalasHapus
  62. aslm. mas maaf mau tanya. saya coba akses lowongan kerja lewat online, tapi gagal dan selalu muncul tulisan "The Email field must contain a unique value". apakah mas pernah mengalami yang seperti itu juga? minta tlong bantuannya. terima kasih ..

    BalasHapus
  63. The Email field must contain a unique value itu maksudnya apa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Numpang nanya saya mau isi form registrasi tp pas di kolom pin BB itu hrs diisi apa ya ? Krna saya isi pin BB tp failed .. mohon arahannya

      Hapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Numpang tnya klo bgian OP stelah cek berkas biasanya pggilannya brp hri ya?

    BalasHapus
  66. Numpang tnya klo bgian OP stelah cek berkas biasanya pggilannya brp hri ya?

    BalasHapus
  67. Mas udah nikah belum :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini out of the box sekali yaa.. Mau saya reward tapi sayang anon :P

      Hapus
  68. Makasih mas sharingnya.. saya jd bisa siap2. Tp jg agak was was hehe.. banyak jg tes nya ya.. saya baru mau panggilan tes tahap 1 untuk bagian administrator, kira2 sama seperti itu kah ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf boleh minta tips nya test d bagian administrator?

      Hapus
  69. Makasih sharingnya mas. Maaf sebelumnya mau tanya, saya baru saja dpt sms utk tes awal di kebayoran ulujami, boleh tanya? Di seleksi awal itu langsung bawa CV dan surat lamaran atau hanya membawa alat tulis saja seperti yg diinstruksikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa alat tulis saja, cv dan lamaran tidak dipertanyakan saat tes psikotes, aku cuma bantu jawab karna aku bulan kemarin test juga

      Hapus
  70. Tgl 27 oktober dapet sms disuruh test psikotes di ulujami kebayoran tgl 30, pas dateng jam 9 lulus ditahap 1 tentang soal2, yang ke dua jam 1 dapet soal tentang kepribadian banyak banget, dan langsung pulang nunggu 1 bulan pengumuman tahap interview,, doa kan yah semoga aku dapet panggilan Amin

    BalasHapus
  71. Mas, besok ikut seleksi yg pertama, ngomong2 pakai pakaian yg seperti apa ya

    BalasHapus
  72. Halo mas Teguh.. Saya kmren nglamar di bagian BA mas dapat panggilan interview.. Itu langsg ketrima tau gimana. Tolong kasih saranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mau tanya mbak? Waktu ngelamar itu lewat email atau gimana ya? Saya juga mau ngelamar jadi BA.

      Hapus
  73. assalamu alaikum mas teguh sya senin ada tes di paragon ,, minta doanya biar lancar yah .

    BalasHapus
  74. Semoga bermanfaat bagi kita yg sedang dag dig dug menunggu/yg akan melakukan tes di PT Paragon Technology & inovasi seperti saya...hehehe

    Semoga tulisan ini menjadi penenang & memotivasi kita agar lebih tenang dalam menghadapi test...

    salam success

    BalasHapus
  75. Saya bsok tes psikotes di paragon ciledug raya apa bnar mas disana untuk psikotes paragon? Terima kasih

    BalasHapus
  76. jazakumullah khairan katsiran.. sangat bermanfaat sekali mas. mohon doa nya hari ini saya tes psikotes lengkap,semoga lolos sampai akhir dan menjadi bagian dari paragonian. insyaAllah.. sukses selalu mas.

    BalasHapus
  77. Mas mau tanya buat besok hari selasa kantor pt paragon tranning nya buka jam brapa ya?

    BalasHapus
  78. Kak apakah ada perbedaan antara psikotes sebagai BA dengan divisi yg lainnya seperti MT, dll?

    BalasHapus
  79. mas kalau reschedule boleh nggak yah ?

    BalasHapus
  80. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.

    BalasHapus
  81. terima kasih banyak mas informasinya, sangat membantu.

    BalasHapus
  82. Nomornya itu nomor yang buat sms atau buat WA ya mas? Soalnya nomor saya beda, terus sama gurunya disuruh nyatat yang nomor WA. Tapi nanti kalau ternyata diumumin lewat sms bagaimana dong, sedangkan nomor WA saya ga bisa disms karena sudah hangus :"(
    Sebelumnya, terima kasih banyak atas informasinya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lagi itu lewat sms kl ga salah.. Apa wa belum semasif sekarang ya saat itu :"

      Hapus
  83. Kalau lupa posisi apa yang dilamar bagimana ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab. Kalau lolos sampe interview akhir, bakalan disebutin kok jabatannya apa. Dan bisa jadi juga kamu ditempatin di posisi yg ga kamu pilih, aoalnya kmrn temanku ada yg gitu. Cmiiw

      Hapus
  84. Haloo, bisa saja.. Ada departement2 tertentu yang bisa dimasuki jurusan apapun. Tinggal dilihat saja requirementnya seperti apa

    BalasHapus
  85. Maaf mau tanya, tes di PTI pake baju hitam putih atau bebas sopan ya?
    Makasih :)

    BalasHapus
  86. Makasih ka infonya. Semoga diterimaa 🙏

    BalasHapus
  87. Hari ini ada test juga jm 10 di umt tangerang tahap 1...semoga dilancarkan Amiin

    BalasHapus
  88. Maaf mau tanya saya sudah di tahap training di pt. Paragon bagian BA apa ada kemungkinan ga lolos saat training dan kalo ada berapa persen?

    BalasHapus
  89. Maaf mas numpang tanya yaaa hehe kalau sudah sampai interview akhir, waktu maksimal pengumuman berapa lama ya? dan kemungkinan yg diterima brp orang ya? terima kasiih

    BalasHapus
  90. Maaf mas numpang tanya yaaa hehe kalau sudah sampai interview akhir, waktu maksimal pengumuman berapa lama ya? dan kemungkinan yg diterima brp orang ya? terima kasiih

    BalasHapus
  91. Maaf mas numpang tanya yaaa hehe kalau sudah sampai interview akhir, waktu maksimal pengumuman berapa lama ya? dan kemungkinan yg diterima brp orang ya? terima kasiih

    BalasHapus
  92. Maaf mas, mau tanya untuk tes psikotes tahap ke 2 itu apa saja ya, lebih jelasnya seperti apa?

    BalasHapus
  93. Halo ka. Saya akan ada rekrut di smk dri pt.paragon kira2 mksdbya tes verbal,numerik,logika yang seperti apa ya ka? Atau nama tes nya itu apa ?

    BalasHapus
  94. Terimakasih atas informasinya kak. Sangat membantu

    BalasHapus
  95. Wah membantu sekali informasi di blog ini, besok sy mau psikotes wardah tepatnya di daerah ulujami, pasangrahan, jak sel. Wish me luck :)

    BalasHapus
  96. Trimakasih informasinya, skalian mau tanya mas kerja d pti bisa sambil kuliah ga ya?

    BalasHapus
  97. Tes tahap pertama apa harus diisi semua ka?

    BalasHapus
  98. Mana yg besok tgl 6 september ada tes tahap 1, bareng yuk! salam kenal,

    BalasHapus
  99. Yang besok tanggal 9 oktober tes bareng bang

    BalasHapus
  100. kak saya dpat panggilan psikotest hari ini sms ny kmren kak tpi saya dtng trlambat it kira2 gpp msih d trima apa egk ya,soal jauh kak saya dri subang?

    BalasHapus
  101. Terimakasih infonya mas. Alhamdulillah tdi pagi dapet panggilan buat tes tahap 1 di kantor Paragon di ulu jami.

    BalasHapus
  102. Assalamualaikum
    Tadi saya dapet sms panggilan pas saya buka halaman nya saya langsung ngisi absensi, dan saya lupa apa aja yang harus dibawa untuk tes
    Kira" apa aja yah mas atau mba nya yang harus dibawa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pensil 2B, penghapus dan HB dan pulpen non boxi, BTW dapet undangan tes tgl brpa kak?

      Hapus
  103. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  104. Siang ka ,mau nanya klo buat interview jilbab cewe pke jilbab apa ya ,soalnya g dikasih tau ,siapa tau ada yg mau ngasih info makasih

    BalasHapus
  105. Mas pt paragon ada jemputannya ga? Makasih

    BalasHapus
  106. Mas saya udh tes psikotes interview sama training ko saya belom dipanggil juga udh dua Minggu itu kenapa ya? Tolong jawabannya

    BalasHapus
  107. gan gw bru aj apply mt finance di paragon website nya.. sekarang untuk applay lngsung buat akun gt yak trus kaya ngisi identitas gtu soalnya brusan saya kya gtu dan applay mt finance..nanti pemberitahuannya berapa lama yak>? seandainya kita diterima apakah di latih dlu apa lansgung bekerja gan.? tolong jwb yang lengkap ya gan

    BalasHapus
  108. Mau nnya mas, untuk operator produksi itu siribet itu gak si tesnya atau tahapanya? Dan lburnya itu dihari apaa, ? Apa sabtu minggu libur?tanggal merah libur?

    BalasHapus
  109. Baru pertama kali apply, dan besok tes tertulisnya.... nemu tulisan di blog ini, terima kasih untuk informasinya ya kk. Sukses selalu, dan semoga saya juga bisa ikut jadi paragoners seperti kaka 🤗

    BalasHapus
  110. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  111. Mas saya kemarin tes online tahap kedua.. Dan ini menunggu tes berikutnya tes buta warna.. Itu brp lama menunggunya ya mas ?

    BalasHapus
  112. Mas, untuk interview user nya pakai bahas indonesia atau english ?

    BalasHapus
  113. Anak saya kmrn tgl 20 April 2021 sudah tes 2 kali. Tapi sampai saat ini belum ada info diterima atau tidak. Biasanya jarak pengumuman lulus/tidak, dengan tes berapa lama ya?

    BalasHapus
  114. terimakasih atas informasinya. semoga dimudahkan segala urusan baiknya.

    BalasHapus
  115. Saya kepanggil untuk tes tulis di paragon, tapi ijazah saya hilang sedang kan harus bawa ijazah asli apakah masih bisa lolos ya klo ijazah kita yg asli gaada mohon pencerahannya kakak''

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isolator : Piringan Bergerigi di Jaringan Listrik

Lebih Tahu tentang Transformator: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kegunaan